Sunday, January 13, 2013

Tips menangani Ular yang masuk ke rumah

Ular ?? 
Hampir semua masyarakat umum takut dengan satwa liar satu ini..Dan saking takutnya, setiap ketemu ular pasti langsung dibunuh deh karena dianggap mematikan dan berbisa.apalagi sampai masuk rumah..

Berikut cuplikan tulisan ku yang sempat ku share di beberapa group n page facebook  beberapa waktu lalu.. Sebuah tips singkat untuk Ibu/Bapak yang rumah tinggalnya kemasukan ular tak di undang tanpa membunuh si ular pastinya.. :)


Sebelum beraksi, ini beberapa hal yang perlu diingat tentang ular..

1. Ular masuk rumah karena mencari mangsa, tikus atau mencari kehangatan. dia tidak dengan sengaja datang untuk menyerang manusia.
2. Ular takut dengan manusia
3. Ular tidak suka bau bauan menyengat
4. Ular TIDAK takut garam (banyak orangs alah tentang hal ini)
5. Ular akan semakin menyerang agresif jika disakiti dan terdesak
6. Ular sensitif cahaya lampu, jika menggunakan senter saat mencari atau mengusir ular di dalam rumah, hati hati pada efek gerakan senter kita yang justru akan meprovokasi ular untuk menyerang arah lampu/cahaya
7. Ular suka sembunyi di tempat gelap, sempit dan bisa masuk ke dalam liang kecil sebesar kepalanya.
8. Ular TIDAK semua berbahaya dan mematikan, ada banyak jenis ular yang tidak berbahaya.
9. Ular mendesis BELUM tentu kobra dan belum tentu berbisa. dia mendesis mengeluarkan udara melalui lubang mulutnya untuk menakuti sosok lain yang mengancamnya.
10. Jangan handling ular tanpa alat.

Ok.. lalu ternyata sudah positif ada ular masuk rumah. Saksi mata menyatakan itu..
Maka yang perlu dilakukan jika ular sudah terlanjur masuk rumah adalah :

1. Jangan panik, usahakan semu keluar rumah dengan tenang.
2. Tutup semua pintu dan jendela rumah
3. Seluruh anggota keluarga ambil posisi diluar rumah dengan jarak aman dari pintu.
4. Semprotkan wangi wangian menyengat ke area dimana ular terlihat terakhir kali, bisa di dalam kamar atau dapur. jenis semprotan yang tidak berbahaya untuk makanan.
5. Tutup semua jendela dan pintu sekitar 15 - 30 menit.
6. Setelah itu, buka salah satu pintu .. sebaiknya pintu yang terhubung dengan udara luar dan jauh dari keluarga.
7. Diam kan sesaat..
8. Karena ular tidak suka bau bauan menyengat, dia akan bergerak keluar ruangan pekat tadi ke arah udara masuk..
9. setelah keluar dan menyentuh tanah. pastikan dia terusir keluar halaman dengan tongkat atau sapu.
10. ular tidak perlu ditangkap atau dibunuh untuk keluar dari rumah kita.

Jika masih belum bisa keluar, coba kontak SIOUX Snake Rescue (SSR) .. 
kami akan coba bantu, bisa dengan datang ke lokasi atau melalui telerescue .. :)
 
Jangan bunuh Ular.. :)
 
Aji Rachmat, ST

- Snake Handler, eks pendamping Host di Petualang Liar (TV7), Jejak Petualang (Trans7)
- Host / Presenter di program TV Sang Pawang (Lativi), 
- Salah satu Pendiri Natrix Scout (pramuka ular di Jogja) 1998 - 2003
- Salah satu pendiri Sioux - Lembaga Studi Ular Indonesia, 2003 - sekarang
- Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, 2013 sampai sekarang

12 comments:

  1. Mas Aji..., ijin copas yaaaaa.... :)

    ReplyDelete
  2. Monggo silahkaaan .. bebas share.. :)

    ReplyDelete
  3. Makasih mas infonya. Rumah udah 2 kali kemasukan. yg pertama digebuk, yg kedua jadi maenan kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak.. semoga habis ini bisa di amankan ularnya .. :)

      Delete
  4. semalem sy kebangun dan melihat ular hitam melintang dilantai belakang pintu kamar, sy takut sekali, sy mencoba memperhatikan jenis apakah ular ini, tp sy gak tau. yg pasti bukan ular cobra. panjangnya sekitar 40cm warna hitam diameter sekitar sejari kelingking. saya memanggil suami sy, kemudian minta ia untuk mengambil tongkat atau sapu. tp krn gak tau mau gimana sy juga minta suami sy ambil senjata tajam, sy perhatikan ular tersebut tdk merespon, tp akhirnya sy semprotkan obat nyamuk, kemudian dia membalik mau naik ke tembok pintu, sy minta suami sy membunuhnya, krn gak tau cr mengatasinya.kejam sekali rasanya sudah membunuh ular tersebut, tp mau gmn jg kmi gak tau. putri sy sdg tidur dikmr sebelah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama persis,,barusan kejadiannya,,biasax tinggal berdua ma baby,,kebetulan ayahq pulang,mau nutup pintu ada tu ular di atas,,langsung bangunin ayah,,g ngerti kudu gimana,akhirnya dibunuh ma ayah,mengingat ada anak kecil jg dirumah,,

      Delete
    2. Sama persis,,barusan kejadiannya,,biasax tinggal berdua ma baby,,kebetulan ayahq pulang,mau nutup pintu ada tu ular di atas,,langsung bangunin ayah,,g ngerti kudu gimana,akhirnya dibunuh ma ayah,mengingat ada anak kecil jg dirumah,,

      Delete
  5. Pak Aji, kemarin di halaman belakang rumah ada ular kobra kecil (kira-kira diameter 1,2cm dan panjang 30cm). Oleh tetangga dikejar dan coba ditangkap,tapi dia malah sembunyi di sela-sela beton selokan dan sampai sekarang tidak terlihat. Saya jadi was-was Pak. Apakah ular itu kalau sudah terancam akan dendam (saya pernah dengar kalau kobra pendendam), karena saat dikejar dan didesak itu dia sempat mengeluarkan bisanya dan terkena tembok.

    Kemudian bagaimana untuk mengatasi agar ular itu tidak masuk ke dalam rumah? apakah ular akan menghindari bau kamper? karena saat ini usaha saya dengan menyimpan kamper butiran di sekitar pintu. Terimakasih atas jawabannya, Pak.

    ReplyDelete
  6. Kalau Ular masuk lubang kloset hrus bagaimana ya? Beberapa hari lalu rumah kami kemasukan ular kecil sebesar jari tangan panjang sekitar 40an cm warna hitam, masuk ke kamar mandi, saya mau buang eh malah masuk ke lubang kloset dan sampai sekrang kami takut klo keluar lagi karena kami punya bayi. Lubang kloset sudah kami siram dengan vixal, tapi kami takut klo masih hidup di dalam lubang kloset/pralon yang menuju ke septictank dan tumbuh besar. Harus bagaimana ya? Oh ya saluran kamar mandi kami tidak tersambung keluar, jadi hanya berhenti sampai septictank dan peresapan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lalu Cara mengatasinya bagaimana? Soalnya kejadian sma di rumahku,

      Delete
  7. Salam kenal...pagi ini rumah saya kemasukan ular di kamar mandi.setelah disemprot memakai anti serangga, ular malah keluar lewat kloset dan lanjut ke saluran septi tank.skrg malah jadi takut unt BAB. minta saran tindakan yg harus dilakukan.terima kasih.LIA-Semarang (081235566161)

    ReplyDelete
  8. Bantu saya lah .. Sya udh hampir 2 hari nginep di rumah mertua krn di saluran pembuangan air ada ular besar yg keluar blm tertangkap hingga sekarang, sya ga berani pulang krn khawatir saat anak2 ke wc / kamar mandi akan muncul & menyerang .. Bantu saya usir/tangkap ular itu
    0895610506262

    ReplyDelete