Sunday, January 13, 2013

tips gampang #JelajahNusantara ..



Siapa yang nolak kalo diajak menikmati alam bebas jauh dari polusi, adem, tenang, hijau dan sangat indah ?
Pasti gak ada...

Meskipun ada, kebanyakan urung atau berat tuk wisata ke alam adalah ongkos..
biaya kesana dan ketiadaan waktu karena terjebak jam kantor dan jatah cuti tahunan




Kendala biaya memang bisa jadi kendala terbesar jikaa... asumsi Jelajah Nusantara kudu yang jauh dan perlu ekstra waktu yang cukup buat menempuh perjalanan kesana..



Berikut beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan pedoman tuk memulai jelajah Nusantara yang menyenagkan dan berbiaya kecil tapi juga singkat waktunya.

  1. Tetapkan destinasi yang tak jauh, dengan kendaraan umum yang tersedia maksimal 2 - 4 perjalanan menuju ke lokasi itu. berkendaraan umum jauh lebih murah daripada membawa motor atau mobil sendiri
  2. Tujuan Jelajah Nusantara yang murah meriah adalah : ke sawah yang luas, perkebunan teh, lereng pegunungan dan  pantai yang mana aja..
  3. Rencanakan one day event dulu, berangkat pagi pulang sore ketujuan sehingga tidak ada biaya penginapan agar murah
  4. Bawa bekal dari rumah. jajan, makan dan ngemil di jalan pasti membutuhkan biaya ekstra.. bakso di area wisata bisa 3 - 4 kali lipat harga bakso di dekat rumah.
  5. Atau.. jika memang pengen jajan di area perkemahan, selektif dan pilih resto yang murah meriah. kuliner khas justru kadang lebih mahal daripada makanan yang biasa kita temui di sekitar rumah.
  6. Bawa kamera, kalau gak punya.. pinjam.. atau pake smartphone kita. oleh oleh terbaik saat dialam  bebas adalah dokumentasi foto dengan berbagai sudut. foto inilah yang akan bercerita hingga anak cucu kita.
  7. Patungan, ajak teman dan update informasi lokasi sebanyak mungkin agar dilokasi tidak mengeluarkan biaya lebih.

Setelah pulang apa yang harus dilakukan ? coba share foto dan cerita perjalanan kalian di sosial media. tanggapi komentar dan respon para kawan setelahnya. berani taruhan, setelah itu kita kan berusaha lagi  tuk mengunjungi lokasi wisata  alam lain di negeri ini yang luar biasa kaya raya.. :)

Salam Nusantara
#Jogja, dikala hujan sore hari

2 comments: