Monday, January 21, 2013

Tips Penanganan Gigitan Ular Phyton / Sanca / Sowo


Ular besar paling gampang ditemukan saat banjir karena fisiknya yang panjang dan besar sehingga mudah terlihat. Tergigit ular phyton biasanya terjadi jika si korban berusaha menangkap atau dengan tanpa sengaja menginjak si ular saat dia sembunyi diam di lokasi. Gigitannya tidak berbisa, tetapi dapat mengakibatkan pendarahan, luka sobek dan trauma lokal jika tidak ditangani dengan benar. Berikut kami share beberapa teknik penanganan gigitan ular phyton.




  1. Saat tergigit, ada dua kemungkinan sikap si ular. Menyerang sembari gigit lalu dilepas, atau gigit tapi tidak dilepas dan mengunci
  2. Jika gigit lalu lepas, penanganan lebih mudah. langsung di lakukan cuci luka dan perban ketat agar darah berhenti. (dijelaskan dibawah)
  3. Jika gigi masih mulut ular masih menancap (mengunci), jangan di tarik paksa. Mulut ular harus dibuka pelan oelan dengan pensil/pen/besi agar gigi membuka
  4. gigi ular seperti pancing, jd kalau sudah nancap di kulit dan daging perlu dibuka pelan pelan dgn cara yg sama saat kita melepas mulut ikan dari mata pancing.
  5. Perhatikan BELITAN ular. saat ular menancapkan rahangnya ke korban, tubuhnya akan mencoba membelit. perhatikan belitannya
  6. Hindari kedua tangan terbelit sekaligus, atau dua kaki terbelit sekaligus agar kita tetap berdiri.
  7. Membantu melepas belitan ke korban, dengan membuka belitan ular mulai dari ekor. diputar balik pelan pelan ke arah kepala.
  8. Satu orang dewasa mampu melepas belitan ular phyton sendirian dengan maksimal panjang si ular 2,5m. Jika panjang ular lebih dari 2,5 meter, kita butuh bantuan orang lain untuk lepas kan belitan dan handlingnya.

Berikut tahapan detil penanganan gigitan ular phyton.

  1. Jangan panik, tenangkan korban
  2. Angkat bagian luka lebih tinggi dari jantung. jika digigit di kaki, baringkan korban lalu naikkan kaki lebih tinggii dari tempat tidur.
  3. Tekan pada luka dengan kassa steril
  4. Cek luka, jangan ada gigi ular yang tertinggal.
  5. Bersihkan luka dengan cairan antiseptik
  6. Perban dengan kuat luka agar pendarahan berhenti
  7. Jika terdapat luka sobek lebih dari 3 cm, bawa ke paramedis untuk di jahit dan mendapatkan perawatan luka sobek.
  8. Beri korban suplemen, makan minum yang bergizi.

SaveOurSnake
@siouxindonesia
Yayasan SIOUX Ular Indonesia

No comments:

Post a Comment